Senin, 13 Januari 2014

Sayur Menu Diet Sehat

Low high diet menganjurkan seseorang untuk banyak mengonsumsi sayur yang ternyata mempunyai dampak bagus bagi kesehatan kulit/Ist
SAYUR-MAYUR yang kaya manfaat masih menjadi pilihan mereka yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Selain murah, sayur juga bisa dinikmati dengan beragam olahan yang cara pemasakannya terbilang mudah.

Sayur-sayuran merupakan nama yang diberikan pada makanan pokok yang dikonsumsi manusia, tapi tidak termasuk dalam kategori buah-buahan, kacang-kacangan, dan rempah-rempah. Sayur juga merupakan makanan yang kaya manfaat, terutama untuk kesehatan karena mengandung gizi yang lengkap.

Seperti dikatakan spesialis kulit dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Kol CKM dr FX Hanny Suwandhani SpKK bahwa di Singapura pernah merebak tren low high diet.

Low high diet merupakan diet yang menggunakan cara low yang berarti sedikit mengonsumsi karbohidrat, high yang berarti banyak mengonsumsi protein, dan diet yang berarti mengatur pola makan.

Low high diet menganjurkan seseorang untuk banyak mengonsumsi sayur yang ternyata mempunyai dampak bagus bagi kesehatan kulit,” ujar Hanny, yang juga menjabat Kepala Departemen Penyakit Kulit dan Kelamin RSPAD Gatot Soebroto.

Beragam jenis dan warna mempercantik penampilan sayur yang siap dikonsumsi. Selain bagus bagi kesehatan, sayuran juga bermanfaat untuk memperpanjang usia. Ambil contoh brokoli. Sayur berwarna hijau dengan bentuk menyerupai payung mengembang ini merupakan jenis sayur yang menarik dalam tampilan dan merupakan sayuran yang dapat memperpanjang usia manusia.

”Brokoli mengandung antioksidan, kaya mineral, serta bermanfaat untuk mempertahankan kadar gula dalam darah dan memperpanjang usia,” sebut psikolog Vania Wibisono SPsi.

Untuk pengolahannya, selain direbus, brokoli juga bisa ditumis, lalu ditambah dengan beberapa bumbu praktis. Seperti pada menu brokoli tumis cabai kering. Walaupun menggunakan cabai, rasa masakan ini tidak terlalu pedas. Cabai kering hanya digunakan untuk melengkapi rasa masakan.

Ada pula menu berbahan sayur yang disukai kebanyakan keluarga Indonesia, yaitu kangkung. Sayur yang mempunyai daun licin dan berbentuk mata panah sepanjang 5-6 inci itu merupakan tumbuhan yang memiliki batang menjalar dengan daun berselang serta batang yang menegak pada pangkal daun. Dari batang sampai daun kangkung, semua bisa dilahap.

Masakan yang kerap menggunakan kangkung sebagai bahan dasar adalah tumis kangkung dan plecing kangkung. Plecing kangkung merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Lombok.

Plecing kangkung terdiri atas kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar, dilengkapi saus sambal terasi, tomat, taoge, kacang tanah, dan jeruk nipis.

Selain itu terdapat sayur labu kuning atau waluh yang merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Kue bika jawa pona bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk hidangan penutup. Bahan dasarnya labu kuning. Kue ini bentuknya menyerupai kue lumpur.

“Labu kuning yang menjadi bahan dasar bika jawa pona bisa diganti dengan ubi jalar atau ubi merah,” ujar celebrity chef, Farah Quinn, yang pernah mengambil kelas memasak di World Pastry Championships di Arizona, AS.
 
Sumber: okefood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar